RAMAH DENGAN PLASTIK

>> Minggu, 02 Agustus 2009

Plastik, tidak asing bagi kita semua merupakan sejenis barang yang sangat akrab dalam kehidupan sejak manusia dilahirkan. Bila dipilah lebih jauh jenis barang plastik yang sangat sering dipergunakan oleh manusia adalah wadah plastik (kantong kresek), wong Plembang menyebutnya sangke asoy.

Dalam Koran Tempo, Rabu 15 Juli 2009 Ketua BPOM (badan pengawas obat dan makanan) ibu Husniah Rubiana Thamrin Akib mengingatakan masyarakat "mengingatkan kita" untuk waspada terhadap berbagai kemasan makanan yang terbuat dari plastik karena dapat membahayakan kesehatan. Dia mengingatkan sebaiknya masyarakat tidak menggunakan plastik kresek hitam sebagai wadah makanan siap saji. Wadah plastik kresek hitam, merupakan produk daur ulang yang sulit diketahui bahan asalnya, ditambah berbagai bahan kimia yang dapat berdampak buruk pada kesehatan, beresiko menimbulkan kanker, kerusakan ginjal maupun penyakit lainnya dikemudian hari tergantung bahan kimia yang dikandungnya.

Hasil temuan BPOM lainnya yaitu wadah makanan terbuat dari styrofoam yang biasa dipakai untuk kemasan mi instan, tempat makanan restoran maupun produk makanan rumah tangga, plastik tersebut cukup aman di pergunakan karena styrofoam tidak mengandung residu stiren melebihi ambang batas aman 5000 ppm.

Solusi bijak, (1) tidak menggunakan plastik kresek hitam sebagai wadah makanan siap saji, apalagi makanan kondisi panas. (2) peduli teman dan keluarga dari dampak negatif plastik (3) lindungi anak-anak sehingga dapat tumbuh kembang tanpa sangke asoy.

doc:/peduli sehat

0 komentar:

About This Blog

maaf masih dalam upgrade..

Lorem Ipsum

Bagai mana pendapat Anda tentang blog ini ?

Our Blogger Templates

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP