Komunitas Peduli Orang Sehat

>> Minggu, 02 November 2008

Komunitas Peduli Orang Sehat (KOMPOS), digagas pada pertengahan tahun 2005 sebagai bentuk keprihatinan atas beberapa hal : (1) Perkembangan teknologi disegala bidang, kemajuan industri dan transportasi ter-expose dengan kemungkinan besar dapat menyebabkan sakit tergolong kasus gawatdarurat mengancam jiwa bagi manusia yang bergiat di perkotaan, seperti; serangan jantung mendadak atau stroke, kecelakaan lalulintas, kecelakaan kerja, dll. (2) Masyarakat indonesia memiliki good samaritan (budaya/ rasa ingin menolong) sangat tinggi tetapi individual life saving softskill masih rendah. Banyak dari mereka beranggapan bahwa sakit gawatdarurat mengancam jiwa adalah musibah, diterima sebagai nasib dan harus pasrah. (3) Kasus gawatdarurat mengancam jiwa banyak terjadi dan berada jauh dari rumahsakit dan jauh pula dari petugas kesehatan. Seperti pemberitaan(media masa) adanya orang-orang potensial penggerak kemajuan seperti ilmuwan, pengusaha, budayawan dan masih banyak lagi, dikabarkan sesaat setelah melakukan aktifitas; ceramah atau rapat, tiba-tiba sakit dan tidak sadar, berita selanjutnya "beliau" meninggal sebelum sampai / setibanya di rumah sakit. Padahal mencetak orang-orang seperti itu tidak gampang, ya kan !!! (4) Masyarakat awam, belum menyadari bahwa anda sebagai penemu korban kasus gawatdarurat mengancam jiwa , sebagai mata-rantai penyelamatan korban dari sistem penanggulangan gawat darurat terpadu. (5) Banyak orang-orang berdedikasi tinggi, berharta, berhati mulia, begitu peduli kepada orang-orang penyandang sakit; sperti peduli ODHA, peduli Kanker, peduli Bencana, dll. Sebaliknya siapa yang memperdulikan mereka? bila orang-orang berhati mulia, berharta, berdedikasi tinggi itu tiba- sakit ditempat nereka beraktifitas?


Tahun 2006 gagasan KOMPOS selanjutnya disebut KOMPOS INDONESIA didukung beberapa orang teman dekat, perlahan-lahan disebarluaskan kepada masyarakat awam melalui kegiatan One Day Workshop basic life support MAME(masyarakat awam medis) disegala event yang memungkinkan. Pada hari Selasa tanggal lima Februari tahun dua ribu delapan (2008) KOMPOS INDONESIA ikrar berdiri sebagai perkumpulan (institusi). Betujuan memberdayakan masyarakat awam menuju safe community.

VISI :
Dedicate towards safe community.
Menjadi institusi pengembang masyarakat awam (selain medis) melalui penyebaran life saving softskill di Indonesia.

MISI :

1. Menyebarluaskan arti penting penyelamatan jiwa orang sehat yang sedang berfaktifitas.
2. Menyertakan masyarakat dalam proses penyelamatan jiwa anggota komunitas sesuai dengan perkembangan IPTEK.
3. Berperan serta dalam membentuk safe community.

amanah;

Jangan bayangkan akibat buruk dari kasus kegawatdaruratan mengancam jiwa di tempat kejadian yang terabaikan, karena efek berantai sebuah kematian
tidak hanya sebatas kerugian pada korban
oza

2 komentar:

Unknown 16 April 2009 pukul 17.40  

saya mau tanya lebih lanjut, kompos itu apa saja kegiatannya ? uli

Admin 19 April 2009 pukul 03.29  

Hi mas Uli, pertanyaan bagus. Kegiatan utama KOMPOS Life adalah:
o Pembelajaran Basic Emergency Life Support (BELS) Training, husus bagi awam (selain dokter, perawat) berbasis internet dan training standar.
o Mendukung program pelatihan dan pengembangan SDM dalam bentuk inhouse training /workshop, untuk keselamatan jiwa ditempat kerja/tempat beraktifitas.
o Memfasilitasi perusahaan, sponsor dan donatur yang sefaham dengan program KOMPOS Life serta peduli terhadap terciptanya safe community, dari program CSR dan PROMOSI dalam bentuk dukungan sarana dan penyelenggaraan workshop BELS bagi awam.
o Menyebarluskan life saving soft skill melalui anggotanya kepada masyarakat lainnya.
o Dan kegiatan lainnya yang mendukung program sehat-selamat.

About This Blog

maaf masih dalam upgrade..

Lorem Ipsum

Bagai mana pendapat Anda tentang blog ini ?

Our Blogger Templates

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP